Minggu, 04 Desember 2016

PICKING GITAR

Pick atau Plectrum merupakan Aksesoris Gitar yang paling murah. Kebanyakan gitaris memainkan pick (picking) menggunakan tangan kanan dari pada tangan kiri. Kini Kita akan membahas detail tentang tehnik gitar picking. Maka pikirkan tentang kebutuhan permainan gitarmu dan pilih style permainan, sound akan terdengar bagus dan terasa lebih nyaman dalam memainkannya setelah Kita mempelajari Tehnik gitar Picking.
1.      Right Hand Muting
tehnik gitar ini dapat dilatih dengan cara Right hand muting yaitu Tangan kiri memegang Standing Chord G, sedangkan tangan kanan meredam bunyi senar 4, 5, dan 6. Senar 1, 2, dan 3 diredam oleh tangan kiri. Poros permainan picking terletak pada pergelangan tangan kanan.
2.      Right Hand Staccato
Petik senar open dengan pergerakan up stroke dan down stroke secara mantap, dan coba untuk memendekkan setiap nada tanpa mempercepat picking. Kuasai permainan ini dengan mengistirahatkan pick pada senar sebelum kita memetiknya lagi.
3.      Movement from the Wrist
Pastikan memainkan tehnik gitar picking dengan selalu melakukan petikan menggunakan pergelangan tangan sebagai poros, dari pada menggunakan jari dan lengan sebagai poros.
4.      Dynamics
Memainkan tehnik gitar picking dengan dinamika yaitu memainkan picking (petikan) dengan berbagai jenis pola permainan, terlebih dahulu mainkan 4 nada tiap senar. Coba mainkan nada-nada pada senar tersebut dengan mantap, tetapi beri aksen setiap nada ke-4 dengan memetiknya lebih keras.
5.      Tone
Posisi memetik senar dekat dengan bridge akan memberikan tone yang bright/tipis, sedangkan memetik senar dengan posisi dekat dengan neck memeberikan tone yang warm/tebal.
6.      Approach
Gunakan Alternate picking (Up dan Down picking). Dengan cara ini, tangan kita akan berperan seperti metronome dan kita dapat mengatur dinamika permainan.
7.      Timing
Bermain gitar dengan pengiring metronome atau software drum mesin sebisa mungkin. Mengetukkan kaki, atau bagian tubuh yang lain dapat digunakan untuk merasakan rhythm/irama permainan.
8.      Versatility
Jika Kita menggunakan style permainan Country atau two-handed tapping, pastikan Kita nyaman melakukan pergantian cara memegang pick dari style ini ke picking konvensional.

9.      Dimension
Pastikan Ukuran Pick (besar/kecil dan tebal/tipis) sesuai dengan style permainan Kita. Bereksperimenlah dalam menggunakan Pick dalam berbagai ukuran dan bentuk sampai Kita menemukan mana yang cocok buat Kita.
10.  Practice
Aturlah jadwal untuk melatih kemampuan tehnik gitar picking. Dalam kondisi tubuh Fit latihlah Picking beberapa menit setiap hari, ini akan membuat skill picking berkembang pesat.

Pasti Bermanfaat !!!
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Kontak

Untuk Info Legkap Kunjungi --> Adi Ignatius Adi Ignatius

Musik relaksasi