Sabtu, 08 April 2017

PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN TEKNOLOGI



PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN TEKNOLOGI

Psikologi pendidikan adalah studi ilmiah tentang perilaku dan proses mental. Psikologi pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan. Psikologi pendidikan adalah bidang yang sangat luas sehingga dibutuhkan satu bahasan tersendiri untuk menjelaskannya.
·        

Perencanaan Intruksional.

Pengembangan atau penyusunan strategi sistematis dan tertata untuk merencanakan pembelajaran. Mengidentifikasikan rentang waktu perencanaan guru : perencaan tahunan, perencanaan term, perencanaan unit, perencanaan  mingguan dan perencanaan harian. Perencanaan adalah dimensi utama dari pengajaran yang sukses, jangan terlalu banyak menyusun rencana. Memilih strategi atau metode pembelajaran yang sesuai. Dengan memahami psikologi pendidikan yang memadai diharapkan guru dapat menentukan strategi atau metode pembelajaran yang tepat dan sesuai, dan mampu mengaitkannya dengan karakteristik dan keunikan individu, jenis belajar dan gaya belajar dan tingkat perkembangan yang sedang dialami siswanya.


·         PERENCANAAN DAN INSTRUKSI PELAJARAN TEACHER – CENTERED

 Perencanaan teacher Centered adalah menciptakan sasaran behavioral (perilaku), menganalisis tugas, dan menyusun taksonomi (klasifikasi) instruksional.
a.    Sasaran behavioral  adalah pernyataan yang menyatakan perubahan dalam perilaku murid untuk mencapai tujuan kinerja yang diharapkan.
b.   Menganalisis tugas adalah memecah tugas kompleks yang dipelajari murid menjadi komponen – komponen.
c.    Menyusun taksonomi.




 Intruksi Langsung

Intruksi langsung( direct instruction) adalah pendekatan teacher- centered yang terstruktur yang dicirikan oleh arahan dan kontrol guru, ekspektasi guru yang tinggi atas kemajuan murid, maksimalisasi waktu yang dihabiskan murid untuk tugas – tugas akademik, dan usaha oleh guru untuk meminimalkan pengaruh negatif terhadap murid.


Strategi Instruksional Teacher – Centered

Ø  Mengorentasikan. Sebelum menyajikan dan menjelaskan materi baru, susunlah kerangka pelajaran dan orientasikan murid ke materi baru tersebut.
Ø  Advance Organizer. Adalah aktivitas dan teknik pengajaran dengan membuat kerangka pelajaran dan mengorientasikan murid materi sebelum materi itu diajarkan.
Ø  Comparative advance organizer. Memperkenalkan materi baru dengan mengaitkanya dengan apa yang sudah diketahui murid.
Ø  Pengajaran, penjelasan, dan Demonstrasi. Pengajaran dengan paparan / ceramah (lecturing), penjelasan dan demonstrasi adalah aktivitas yang biasa dilakukan guru dalam pendekatan instruksi langsung.
Ø  Pertanyaan dan diskusi. Pertanyaan dan diskusi perlu di intergrasikan kedalam pendekatan intruksi teacher-centered
Ø  Mastery Learning adalah pembelajaran satu konsep atau topik secara menyeluruh sebelum pindah ke topik yang lebih sulit.
Ø  Seatwork adalah penyeluruh semua murid atau sebagian besar murid untuk belajar sendiri – sendiri di bangku mereka
Ø  Pekerjaan Rumah adalah Keputusan intruksionaal penting lainya adalah seberapa banyak dan apa jenis pekerjaan rumah yang harus diberikan kepada murid.

 Prinsip Learning – Centered
Intruksi dan Perencanaan learning – Centered adalah pada siswa, bukan guru.



·         Teknologi dan Pendidikan

Teknologi kini sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia saat ini, khususnya di bidang pendidikan. Bisa dilihat dari penggunaan komputer-komputer di sekolah dan pengaksesan internet dalam menyelesaikan tugas sekolah. Pada intinya, sesuai dengan fungsi teknologi itu sendiri, teknologi sangat membantu untuk mempermudah proses pendidikan.
Aplikasi psikologi pendidikan dalam teknologi pendidikan adalah yang menyangkut dengan aspek- aspek perilaku dalam ruang lingkup belajar mengajar. Secara psikologis, manusia adalah mahluk individual namun jugasebagai makhluk sosial dengan kata lain manusia itu sebagai makhluk yang unik. Maka dari itu kajian teori dalam psikologi dalam Teknologi pendidikan seharusnya
Memperhatikan keunikan yang dimiliki oleh setiap individu baik ditinjau dari segi tingkat kecerdasan, kemampuan, sikap, motivasi, perasaan serta karakteristik - karakteristik individualnya. Dan strategi belajar seperti itu terdapat dalam kajian ilmu Teknologi Pendidikan.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Kontak

Untuk Info Legkap Kunjungi --> Adi Ignatius Adi Ignatius

Musik relaksasi