PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN TEKNOLOGI
Psikologi pendidikan adalah studi ilmiah tentang perilaku
dan proses mental. Psikologi pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang
mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam
lingkungan pendidikan. Psikologi pendidikan adalah bidang yang sangat luas
sehingga dibutuhkan satu bahasan tersendiri untuk menjelaskannya.
·
Perencanaan
Intruksional.
Pengembangan
atau penyusunan strategi sistematis dan tertata untuk merencanakan
pembelajaran. Mengidentifikasikan rentang waktu perencanaan guru : perencaan
tahunan, perencanaan term, perencanaan unit, perencanaan mingguan dan perencanaan harian. Perencanaan
adalah dimensi utama dari pengajaran yang sukses, jangan terlalu banyak
menyusun rencana. Memilih strategi atau metode
pembelajaran yang sesuai. Dengan memahami psikologi pendidikan yang memadai
diharapkan guru dapat menentukan strategi atau metode pembelajaran yang tepat
dan sesuai, dan mampu mengaitkannya dengan karakteristik dan keunikan individu,
jenis belajar dan gaya belajar dan tingkat perkembangan yang sedang dialami
siswanya.
·
PERENCANAAN DAN INSTRUKSI PELAJARAN TEACHER – CENTERED
Perencanaan teacher Centered adalah
menciptakan sasaran behavioral (perilaku), menganalisis tugas, dan menyusun
taksonomi (klasifikasi) instruksional.
a. Sasaran
behavioral adalah pernyataan yang
menyatakan perubahan dalam perilaku murid untuk mencapai tujuan kinerja yang
diharapkan.
b. Menganalisis
tugas adalah memecah tugas kompleks yang dipelajari murid menjadi komponen –
komponen.
c. Menyusun
taksonomi.
Intruksi
Langsung
Intruksi langsung( direct
instruction) adalah pendekatan teacher- centered yang terstruktur yang
dicirikan oleh arahan dan kontrol guru, ekspektasi guru yang tinggi atas
kemajuan murid, maksimalisasi waktu yang dihabiskan murid untuk tugas – tugas
akademik, dan usaha oleh guru untuk meminimalkan pengaruh negatif terhadap
murid.
Strategi
Instruksional Teacher – Centered
Ø Mengorentasikan.
Sebelum menyajikan dan menjelaskan materi baru, susunlah kerangka pelajaran dan
orientasikan murid ke materi baru tersebut.
Ø Advance
Organizer. Adalah aktivitas dan teknik pengajaran dengan membuat kerangka
pelajaran dan mengorientasikan murid materi sebelum materi itu diajarkan.
Ø Comparative
advance organizer. Memperkenalkan materi baru dengan mengaitkanya dengan apa
yang sudah diketahui murid.
Ø Pengajaran,
penjelasan, dan Demonstrasi. Pengajaran dengan paparan / ceramah (lecturing),
penjelasan dan demonstrasi adalah aktivitas yang biasa dilakukan guru dalam
pendekatan instruksi langsung.
Ø Pertanyaan
dan diskusi. Pertanyaan dan diskusi perlu di intergrasikan kedalam pendekatan
intruksi teacher-centered
Ø Mastery
Learning adalah pembelajaran satu konsep atau topik secara menyeluruh sebelum
pindah ke topik yang lebih sulit.
Ø Seatwork
adalah penyeluruh semua murid atau sebagian besar murid untuk belajar sendiri –
sendiri di bangku mereka
Ø Pekerjaan
Rumah adalah Keputusan intruksionaal penting lainya adalah seberapa banyak dan
apa jenis pekerjaan rumah yang harus diberikan kepada murid.
Prinsip
Learning – Centered
Intruksi dan Perencanaan
learning – Centered adalah pada siswa, bukan guru.
· Teknologi
dan Pendidikan
Teknologi kini sudah menjadi bagian dari kehidupan
manusia saat ini, khususnya di bidang pendidikan. Bisa dilihat dari penggunaan
komputer-komputer di sekolah dan pengaksesan internet dalam menyelesaikan tugas
sekolah. Pada intinya, sesuai dengan fungsi teknologi itu sendiri, teknologi
sangat membantu untuk mempermudah proses pendidikan.
Aplikasi psikologi pendidikan dalam teknologi pendidikan adalah
yang menyangkut dengan aspek- aspek perilaku
dalam ruang lingkup belajar mengajar. Secara psikologis, manusia adalah mahluk
individual namun jugasebagai makhluk sosial
dengan kata lain manusia itu sebagai makhluk yang unik. Maka dari itu kajian
teori dalam psikologi dalam Teknologi
pendidikan seharusnya
Memperhatikan keunikan yang dimiliki oleh setiap individu baik
ditinjau dari segi tingkat kecerdasan, kemampuan, sikap, motivasi, perasaan
serta karakteristik - karakteristik individualnya. Dan strategi belajar seperti
itu terdapat dalam kajian ilmu Teknologi Pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar